Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meminta kepada Pemerintah Daerah setempat untuk memprioritaskan pemulihan ekonomi masyarakat dalam rancangan APBD 2021.

"Sesuai dengan instruksi dari pusat karena kita masih berada dalam suasana pandemi COVID-19 maka APBD 2021 kami harapkan diprioritaskan untuk pemulihan ekonomi masyarakat," kata Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Ansori di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, pandemi COVID-19 yang menyebabkan resesi ekonomi sehingga kehadiran pemerintah dalam memberikan stimulus terhadap pemulihan perekonomian masyarakat harus dilakukan.

"Misalnya ada rencana untuk melakukan pembangunan infrastruktur dalam APBD tersebut maka kami akan melihat apakah ada berkaitan dengan pemulihan ekonomi masyarakat atau tidak," ujarnya.

Ia menyebutkan selain pemulihan ekonomi postur APBD 2021 juga diharapkan dapat mengakomodir sisi kesehatan masyarakat dan pemulihan kondisi pariwisata daerah.

"Jadi arah pembangunannya kita fokuskan untuk pemulihan ekonomi masyarakat misalnya melalui program padat karya tunai dan stimulus lain kepada masyarakat," katanya.

Adapun pembahasan APBD 2021 akan dilaksanakan setelah DPRD setempat menerima draft APBD 2021 dari Pemerintah Daerah dalam waktu dekat ini.

"Kami masih menunggu penyampaian rancangan ini dari eksekutif tadi juga sudah kami ingatkan agar segera diserahkan mengingat sisa waktu dan pembahasannya nanti mudah-mudahan minggu depan sudah diserahkan dan kami terima," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020