Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan mendukung Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengembangkan wisata ramah lingkungan di kawasan hutan bakau, guna meningkatkan kunjungan wisatawan di daerah itu.

"Alhamdulillah, Menko Luhut mendukung penuh pengembangan hutan bakau untuk mendongkrak ekoturisme di Bangka Belitung," kata Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan dukungan penuh Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi , disampaikan saat pertemuan pembahasan pemanfaatan lahan kawasan rehabilitasi kawasan bakau di Jakarta.

Pemerintah menilai kawasan bakau memiliki potensi sebagai objek daya tarik yang mampu mendongkrak ekoturisme.

"Pengembangan ekoturisme di kawasan ekosistem bakau juga harus disesuaikan dengan jumlah pengunjung yang diizinkan datang dan menerapkan pola wisata ramah lingkungan terhadap adat budaya setempat. Ini bisa membantu perekonomian secara langsung yang menambah nilai manfaat ekonomi masyarakat," ujarnya.

Menurut Erzaldi, pertemuan dengan Menteri Menko kali ini, sebagai tindak lanjut pertemuan sebelumnya terkait kebijakan Pemprov Kepulauan Babel mentransformasi ekonomi dari sektor pertambangan ke sektor pariwisata, guna mempercepat pembangunan perekonomian masyarakat di pulau penghasil timah ini.

"Percepatan pembangunan perekonomian dengan investasi baru membutuhkan status Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) serta Peraturan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir Dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) yang merencanakan kawasan pesisir Tanjung Gunung dan Pantai Timur Sungai Liat sebagai kawasan pemanfaatan umum zona pariwisata," katanya.

Menurut dia, untuk tahapan selanjutnya, pengembangan dan pembangunan baru dapat dilaksanakan setelah mendapatkan persetujuan dari PT Timah.

"Kita berharap dengan adanya dukungan penuh  Luhut Binsar Pendjaitan ini dapat mempercepat KEK Pariwisata di Pulau Bangka, untuk meningkatkan perekonomian dan pembangunan di daerah ini," katanya. ***1***
 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020