Tujuh peserta perwakilan Bunda PAUD Kabupaten, Kota se-Bangka Belitung memaparkan rencana kerja Bunda PAUD kabupaten, kota masing-masing, dalam rapat Koordinasi Bunda PAUD tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitu
 
Perwakilan dari Bunda PAUD Bangka tengah, memaparkan rencana kerja Bunda PAUD Bangka tengah, yang salah satunya yakni, menampung, memperjuangkan dan mewujudkan aspirasi, para penyelenggara, pendidik dan tenaga pendidikan di Lembaga PAUD.
 
Meningkatkan profesionalisme pelaksanaan PAUD dan menjadikan PAUD sebagai sarana mengembangkan profesi tenaga kependidikan, serta rutin melaksanakan literasi gernas baku di seluruh Lembaga PAUD, juga merupakan salah satu rencana kerja Bunda PAUD Kabupaten Bangka tengah.
 
Sedangkan rencana kerja Bunda PAUD Kabupaten Bangka, yakni, mendorong peningkatan jumlah dan mutu pendidik, rutin menggelar seminar dan sosialisasi pentingnya pendidikan keluarga serta menggelar seminar terkait gizi dan pertumbuhan anak usia dini.
 
Rencana kerja Bunda PAUD Kabupaten Bangka selatan, yakni, rutin menggelar kegiatan gerakan edukasi, Aku Anak Indonesia, suka makan ikan dan terus melaksanakan gerakan nasional membaca buku (gernas baku).
 
Meningkatkan kerjasama dengan organisasi mitra dan mengundang berbagai nara sumber dalam meningkatkan pembelajaran ke pendidik PAUD juga menjadi fokus rencana kerja Bunda PAUD Kabupaten Bangka selatan.
 
Selain itu, Perwakilan dari Bunda PAUD Kabupaten Bangka selatan juga memaparkan kendala dalam pendidikan PAUD, dimana masih kurangnya kesadaran dan motivasi para orang tua, sarana di Lembaga PAUD yang belum  memadai, kesejahteraan dan konsentrasi pendidik PAUD yang juga belum memadai.
 
Dan perwakilan Bunda PAUD Kabupaten Bangka barat, menyampaikan tujuan dan sepuluh programnya dan program unggulan Bunda PAUD Kabupaten Bangka Barat dimasa pandemi COVID-19.
 
Tujuan Bunda PAUD Bangka Barat dalam membangun Lembaga PAUD di daerah, yakni, ikut mendukung dan membangun kepedulian masyarakat terhadap pentingnya program anak usia dini.
 
Dan sepuluh program bunda PAUD, diantaranya yakni, merekomendasikan pembangunan SDM sejak dini, dalam RPJMD dan RKPD. Mendorong dana desa untuk meningkatkan kualitas layanan PAUD.
 
Mendorong pemerintah daerah untuk menerbitkan peraturan layanan PAUD, serta mengupayakan PAUD percontohan atau PAUD rujukan di daerah.
 
Sedangkan untuk program unggulan Bunda PAUD Kabupaten Bangka Barat di masa pandemi COVID-19, yakni Bunda bersama guling, Bunda betason, yakni bunda memberi informasi tentang pelayanan PAUD melalui media online dan Bunda peduli PAUD, dimana Bunda PAUD turut meningkatkan sarana prasarana lembaga PAUD dan kompetensi pendidik PAUD.
 
Rapat koordinasi Bunda PAUD Babel tingkat provinsi ini digelar dalam rangka menyosialisasikan program pengembangan anak usia dini holistik integratif, yang diikuti 52 peserta dari perwakilan Bunda PAUD Kabupaten Kota, Kecamatan serta organisasi PAUD se-Bangka Belitung.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020