Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan melibatkan kalangan mahasiswa untuk mengawal situasi masa tenang Pilkada 2020.

"Sekitar 100 orang mahasiswa akan kami libatkan langsung ke lapangan, mengawal dan melakukan pengawasan partisipatif terutama mencegah terjadinya praktik politik uang," kata Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto di Koba, Jumat.

Pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan STIH Pertiba Pangkalpinang untuk menerjunkan sekitar 100 mahasiswa ke Bangka Tengah dalam rangka pengawasan partisipatif.

"Para mahasiswa itu akan langsung terjun ke masyarakat, mengawasi situasi politik pada masa tenang dan juga mengedukasi warga terkait pemilihan umum yang jujur dan adil," ujarnya.

Ia mengatakan, pengawasan partisipatif dari masyarakat sangat dibutuhkan karena pihaknya memiliki personel pengawasan yang terbatas.

"Masyarakat silahkan mengawal Pilkada 2020, bantu kami dalam mencegah terjadinya pelanggaran pemilu demi terciptanya pesta demokrasi yang jujur, adil, aman dan kondusif," ujarnya.

Pilkada Bangka Tengah diikuti dua pasangan calon yaitu Algafry Rahman-Herry Erfian dengan nomor urut 01 dan Didit Srigusjaya-Korari Suwondo dengan nomor urut 02.

Pasangan Algafry Rahman-Herry Erfian diusung tujuh partai politik koalisi yaitu Golkar, Nasdem, Gerindra, PPP, PAN, PKS dan PKB. Sedangkan pasangan Didit Srigusjaya-Korari Suwondo diusung dua partai politik yaitu PDIP dan Partai Demokrat.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020