Wakil Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Syahbudin menilai pertumbuhan usaha ritel di daerahnya mampu membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

"Saya menilai usaha ritel yang mulai tumbuh di Kota Sungailiat Bangka sejak beberapa bulan terakhir berdampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat yang terdampak COVID-19," katanya di Sungailiat Selasa menanggapi berdiri usaha ritel.

Tercatat lebih dari lima titik ritel di Kota Sungailiat berdiri sejak COVID-19, hal ini memberikan dampak baik dengan peluang penyerapan tenaga kerja.

Dia menyarankan dengan semakin pesatnya pertumbuhan usaha ritel pihak manajemen harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia karena persaingan antar ritel modern yang semakin kompetitif.

"Komitmen tinggi bisnis ritel modern bukan hanya terimplementasi secara internal, namun dapat diaplikasikan lewat pemberian hasil kerja optimal untuk masyarakat," kata wabup.

Syahbudin mengatakan pekerja ritel modern harus bersikap secara profesional dengan meningkatkan kompetensi pelayanan kepada konsumen.

"Pelaku usaha yang mengembangkan bisnis ritel di suatu daerah menunjukan potensi pertumbuhan ekonomi itu daerah cukup baik," katanya.

Usaha di bidang ritel mempunyai fungsi utama karena menjadi bagian terakhir dari rantai pasokan barang dari produsen ke konsumen.

Fungsi bisnis ritel amat penting untuk menjaga agar produsen bisa fokus dalam memproduksi barang tanpa harus terganggu oleh banyaknya usaha yang harus dilakukan untuk berhadapan dengan konsumen yang ingin membeli produk untuk dikonsumsi
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020