Pemerintah Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, mengantisipasi penyebaran virus corona baru atau COVID-19 menjelang libur akhir 2020 dari para pendatang yang berkunjung ke daerah itu.

"Antisipasinya kami berharap pintu gerbang keberangkatan penumpang dijaga yaitu memastikan bahwa surat "rapid test" asli dan hasil swabnya benar," kata Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, masyarakat yang menerima tamu atau kunjungan wisatawan diharapkan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan (4M).

"Masyarakat harus menerapkan pola hidup 4M kalau tidak diterapkan maka akan sangat potensial untuk tertular," ujarnya.

Dirinya memprediksi kunjungan wisatawan pada akhir tahun akan mengalami peningkatan seiring bertambahnya jumlah maskapai dan penerbangan ke daerah itu.

"Menurut saya akan ramai namun tidak senormal dulu penambahan jumlah penerbangan oleh maskapai mau tidak mau harus dilakukan karena itu permintaan pasar," katanya.

Dengan demikian, lanjut Isyak, masyarakat diharapkan memiliki kesadaran dan disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran COVID-19.

"Karena kondisi COVID-19 di Belitung saat ini masih naik turun misalnya ada 15 pasien yang sembuh namun positif 15 orang jadi kami harapkan dalam hal ini ada kesadaran masyarakat harus digenjot," ujar Isyak.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020