Pasien terkonfirmasi positif virus corona baru atau COVID-19 di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertambah sebanyak 27 orang sehingga total pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah itu mencapai 198 orang.

"Berdasarkan hasil uji spesimen swab PCR laboratorium bio medis RSUD Marsidi Judono dan Labkesda Provinsi Babel didapati 27 orang positif COVID-19," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, dengan penambahan jumlah kasus tersebut maka masyarakat diharapkan dapat senantiasa mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan (4M).

"Karena saat ini telah dan sedang terjadinya transmisi lokal COVID-19 di wilayah Kabupaten Belitung," ujarnya.

Baca juga: RSUD Belitung tutup sementara layanan operasi dan persalinan karena tiga orang tenaga kesehatan positif COVID-19

Sahani menambahkan, bagi masyarakat yang pernah kontak erat dengan pasien terkonfirmasi COVID-19 berada dalam satu ruangan lebih dari lima belas menit berdekatan dengan jarak kurang dari dua meter diharapkan untuk segera menghubungi Dinas Kesehatan atau fasilitas kesehatan terdekat.

" Jika sudah ada gejala demam dan sesak nafas bisa datang ke Pusat Deteksi Covid-19 RSUD Marsidi Judono Kabupaten Belitung," katanya.

Ia menambahkan, Satgas COVID-19 Kabupaten Belitung terus mengoptimalkan penegakan protokol kesehatan COVID-19 guna memutus mata rantai penyebaran.

"Kami minta masyarakat tetap disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan karena pandemi belum berakhir," ujar Sahani.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020