Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memastikan penerapan protokol kesehatan pada pemungutan suara Pilkada serentak Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di daerah itu.

"Kami laksanakan prosesur perlakuan pungut hitung dengan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat," kata Ketua KPU Belitung Timur, Rizal di Manggar, Rabu.

Menurut dia, pihaknya memastikan para pemilih dan petugas di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) mematuhi protokol kesehatan selama berlangsungnya kegiatan pemungutan dan penghitungan suara.

Ia menambahkan, sebelumnya KPU Belitung Timur telah menyosialisasikan protokol kesehatan di Tempat Pemungutan Suara baik kepada masyarakat dan petugas KPPS.

"Kami juga sudah mengirimkan logistik sesuai protokol kesehatan dan sesuai standar yang ditetapkan KPU RI," ujarnya.

Ia mencontohkan, penerapan protokol kesehatan pada pemungutan suara seperti mencuci tangan, memakai masker, dan mengecek suhu tubuh sebelum memasuki TPS.

Setiap pemilih diberikan sarung tangan plastik untuk digunakan ketika mencoblos agar tangan pemilih tidak bersentuhan langsung dengan media surat suara maupun paku yang digunakan untuk mencoblos.

"Selain itu masyarakat juga diatur jam kedatangannya ke TPS hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan," ujarnya.

Pilkada Belitung Timur diikuti dua pasangan calon yaitu pasangan nomor urut satu Burhanddin dan Khairil Anwar serta pasangan calon nomor urut dua Yuri Kemal Fadullah - Nurdiansyah.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020