Kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, turun sebesar 75 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya akibat pandemi virus corona baru atau COVID-19.

"Kita tahu sendiri karena adanya pandemi COVID-19 secara global sehingga sangat mempengaruhi jumlah kedatangan wisatawan ke Belitung secara signifikan," kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Rohili di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, jumlah kunjungan wisatawan ke Belitung hingga akhir November mencapai 109.100 orang menurun jika dibandingkan tahun sebelumnya yaitu sebanyak 346.000 orang.

"Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Belitung menurut drastis pada tahun 2020 bahkan hingga 75 persen jika dibandingkan dengan Tahun 2019," ujarnya.

Rohili menambahkan, akibat pandemi virus corona baru atau COVID-19 pihaknya juga merevisi target kunjungan wisatawan ke Belitung pada kuartal kedua dari 500.000 pengunjung menjadi 138.000 pengunjung.

"Sedangkan target kunjungan wisatasan pada 2021 yakni sebanyak 250 ribu kunjungan," katanya.

Dirinya optimistis target kunjungan wisatawan pada tahun 2020 akan tercapai bila melihat tingkat keterisian hunian hotel di daerah itu menjelang libur Natal dan Tahun Baru yang sudah mulai banyak dipesan oleh wisatawan.

"Hal ini dilihat dari okupansi hotel-hotel yang ada di Belitung untuk menyambut Natal dan Tahun Baru kamar-kamar yang dipesan di Belitung telah mencapai 80 persen sehingga diprediksi khusus ulan Desember ini jumlah wisatawan akan menyentuh angka 6.000 hingga 7.000 wisatawan," ujar Rohili.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020