Kapolda Bangka Belitung, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat menginstruksikan untuk memperketat pengawasan protokol kesehatan di jalur masuk Provinsi itu baik jalur laut dan udara guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 selama libur panjang Natal dan Tahun Baru.

"Dalam operasi Natal dan Tahun Baru ini untuk betul-betul menyiapkan diri menegakan protokol kesehatan dengan sungguh-sungguh di pintu gerbang masuknya orang terutama di Pulau Belitung baik udara dan laut karena ini daerah wisata," katanya di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, hal ini juga sejalan dengan kebijakan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, yang memberlakukan "rapid test" antigen dan "swab test" PCR bagi keluar masuknya orang di Provinsi itu.

"Jadi untuk kedatangan orang-orang di sini sudah diberlakukan swab antigen yang mulai di jalankan pada hari ini," ujarnya.

Ia menambahkan, selain memperketat protokol kesehatan di pintu masuk, penegakan protokol kesehatan juga dilakukan di tempat - tempat keramaian dan hiburan yang berpotensi terjadinya kerumunan orang.

"Sudah disepakati tidak ada acara khusus dalam penyambutan tahun baru nanti jadi pengusaha hotel diimbau tidak melakukan kontrak apalagi mengundang artis ibu kota karena nantinya juga tidak akan diizinkan," ujarnya.

Kendati demikian, lanjut Kapolda, dirinya memastikan penerapan protokol kesehatan tetap seiring sejalan dengan pemulihan ekonomi dan aktivitas pariwisata.

"Jalankan roda ekonomi seperti biasa, jalankan pariwisata seperti biasa tetapi jangan dilupakan protokol kesehatan," kata Kapolda.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020