Pemerintah Kabupaten Bangka Barat bersama Balai Prasaranan Permukiman Wilayah Kepulauan Bangka Belitung mendorong pertumbuhan perekonomian warga Desa Airputih, Mentok, melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

"Pembangunan beberapa fasilitas dalam program Kotaku di Desa Airputih ini kami yakini akan mampu membangkitkan perekonomian warga yang saat ini sedang lesu karena pandemi COVID-19," kata Asisten Sekda Kabupaten Bangka Barat Bidang Perekonomian dan Pembangunan Rozali di Mentok, Rabu.

Ia menjelaskan, program Kotaku di Desa Airputih, Mentok pada tahun ini berhasil membangun rumah produksi buah keranji, galeri UKM, jalan paving blok, dan drainase.

"Program pembangunan yang dimulai sejak awal Agustus 2020 ini kami yakini bisa memberi dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi warga," katanya.

Rozali mengatakan Pemkab Bangka Barat menyambut baik program tersebut dan memberikan apresiasi positif kepada Balai Prasarana Pemukiman Babel yang telah berhasil merealisasikan program tersebut.

"Kami berharap fasilitas yang sudah dibangun dipelihara agar bisa mendukung peningkatan perekonomian berkelanjutan bagi warga sekaligus mewujudkan Desa Airputih sebagai desa karya," katanya.

Desa Airputih yang berada di kaki Bukit Menumbing selama ini terkenal sebagai penghasil berbagai jenis buah-buahan berkualitas dan sektor perkebunan yang menjadi pilar ekonomi warga setempat.

Dengan adanya fasilitas pendukung itu diharapkan akan memudahkan warga dalam mengolah berbagai hasil kebun menjadi barang bernilai ekonomi tinggi.

"Pembangunan rumah produksi buah keranji sekaligus galeri UKM ini sesuai kebutuhan warga, ke depan usaha mereka akan semakin berkembang dan mandiri," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020