Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sampai Minggu ini terdapat 276 orang menunggu hasil tes usap dari laboratorium provinsi.

"Terdapat 276 orang masih menunggu hasil tes usap dari laboratorium di provinsi dari sejumlah wilayah kecamatan dengan berbagai klaster," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Minggu.

Dia mengatakan daftar tunggu hasil uji lab yang mencapai ratusan karena jumlah antrean di laboratorium provinsi jumlahnya mencapai ribuan sampel berasal dari berbagai daerah.

"Rata-rata hasil swab yang dikeluarkan dari laboratorium provinsi selama tujuh sampai delapan hari," ujarnya.

Dia menyarankan masyarakat yang masih menunggu hasil tes usal hendaknya tidak keluar rumah atau melakukan isolasi mandiri karena dikhawatirkan yang bersangkutan positif dengan status orang tanpa gejala.

"Selama hasil swab belum diketahui, saya sarankan yang bersangkutan jangan pergi ke mana-mana untuk menghindari penyebaran virus corona ke orang lain," kata Boy Yandra.

Boy Yandra memperkirakan akan terjadi penambahan jumlah kasus COVID-19 di daerah itu berdasarkan dari jumlah tunggu hasil tes usap dari laboratorium yang mencapai ratusan orang.

Selain jumlah tunggu hasil tes usap sebanyak 276 orang, kata dia, jumlah kumulatif kasus COVID-19 di Kabupaten Bangka tercatat 729 orang, 611 orang sudah dinyatakan sembuh serta enam orang pasien COVID-19 meninggal dunia.

Angka kumulatif itu mengalami peningkatan dibandingkan Minggu pagi yang baru sebanyak 722 orang atau mengalami penambahan tujuh orang.

"Saya ingatkan masyarakat tetap disiplin menaati aturan protokol kesehatan karena penyebaran virus corona masih terus terjadi di hampir semua wilayah kecamatan," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021