Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan menerima sebanyak 1.464 dosis vaksin COVID-19 pada tahap awal pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di daerah itu.

"Dari sebanyak 20.000 dosis vaksin yang diterima oleh Provinsi Kepulauan Bangka Belitung maka Belitung mendapatkan 1.464 dosis," kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Belitung, MZ Hendra Caya di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, pemberian vaksin COVID-19 diprioritaskan bagi calon penerima yang terdiri dari Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) seperti tenaga medis, tenaga kesehatan TNI/Polri dan ASN.

"Karena ini adalah vaksinasi yang tahap pertama setelah itu masih akan ada vaksinasi lanjutan," ujarnya.

Baca juga: BPOM memastikan bahan vaksin COVID-19 aman

Ia menambahkan, selain itu, vaksinasi juga akan dilakukan kepada orang yang selama ini rentan terinfkesi COVID-19 dan memiliki riwayat penyakit komorbid atau penyerta.

"Pelaksanaan vaksinasi kami targerkan akan dilakukan pada awal Februati atau minggu kedua Februari," katanya.

Baca juga: Dinkes Belitung imbau masyarakat tetap patuhi prokes meski sudah ada vaksin
Baca juga: Dinas Kesehatan Belitung data calon penerima vaksin COVID - 19

Hendra menambahkan, Pemkab Belitung juga akan melatih petugas vaksinator sebelum memberikan layanan vaksin kepada masyarakat di daerah itu.

Disamping itu, pihaknya juga menyiapkan tim untuk mengantisipasi dampak yang bisa saja timbul setelah pemberian vaksin atau pasca melakukan imunisasi.

"Seandainya ada gejala nanti yang bisa saja timbul setelah diberikan vaksin kami sudah siapkan tim yang nanti akan menanganinya," ujar Hendra.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021