Wali Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Maulan Aklil (Molen) mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di kawasan dataran rendah agar selalu waspada banjir di musim penghujan seperti saat ini.

"Saya meminta kepada masyarakat agar waspada, karena berdasarkan prediksi BMKG di bulan Januari dan Febuari akan terjadi air laut pasang tinggi," katanya di Pangkalpinang, Rabu.

Baca juga: Walikota Pangkalpinang tinjau kawasan Pantai Pasir Padi terkena banjir Rob

Ia mengatakan, saat ini Pemerintah Kota Pangkalpinang akan melakukan gerak cepat dalam mengatasi jika nanti terjadi kemungkinan buruk, yaitu banjir seperti 2016 lalu. Begitu juga kepada masyarakat agar segera melakukan antisipasi, jangan sampai nanti terjadi banjir barang-barang tidak bisa diselamatkan.

"Kita sudah rapatkan sesuai tugas masing-masing OPD, jika terjadi seperti banjir 2016 kita sudah siapkan tempat penampungan, di mana tempat penampuangan, sembako dan tempat alat-alat beratnya. Namun kita berdoa semoga saja ini tidak terjadi,"harapnya

Dikatakannya, sesuai dengan komitmen kami dulu bahwa 2021 akan fokus pada penanganan banjir, di mana pada 2019 sudah diinventarisir dan akan dilaksanakan pada tahun ini.

"Jadi pada 2021 ini kami akan ramai-ramai gebuk masalah banjir ini. Tapi untuk menghilangkan masalah banjir ini sekali lagi saya tidak mampu, namun untuk menguranginya Insya Allah kita bisa melakukannya," katanya.

Sekali lagi Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada apa lagi di daerah yang menjadi langganan banjir agar bisa mengusikan barang-barangnya untuk dibawa ke daerah yang lebih tinggi agar tidak rusak nantinya.

"Tolong sampaikan kepada seluruh warga agar selalu waspada karena di bulan Januari dan Febuari nanti akan terjadi air laut pasang tinggi sesuai prediksi BMKG," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021