Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Eraldi Rosman Djohan pada 2021 memfokuskan perbaikan jembatan di Desa Nibung yang merupakan penghubung dua kabupaten, Kabupaten Bangka Tengah dan Bangka Selatan, yang rusak parah karena terjangan banjir.

"Perbaikan jembatan ini menjadi prioritas. Bayangkan saja jika jembatan ini tak segera diperbaiki, maka dua kabupaten ini akan terputus dan terisolasi," kata Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Minggu.

Terkait perbaikan Jembatan Nibung tersebut, Gubernur mengatakan Pemprov Kepulauan Babel tahun lalu telah mengajukan proposal ke Kementerian PUPR untuk segera merealisasikan pembangunan jembatan itu pada 2021.

Sebelumnya, Gubernur Erzaldi juga telah menyampaikan rencana pembangunan Jembatan Desa Nibung tersebut dalam Rapat Gubernur se-Sumatera kepada Bappenas, agar dimasukkan dalam program prioritas nasional yang dilaksanakan pada tahun ini dan dananya bersumber dari anggaran APBN.

"Mudah-mudahan awal tahun ini, jembatan yang terancam roboh ini segera dibangun kembali dengan menggunakan APBN," katanya.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemprov Kepulauan Babel, Jantani Ali menyatakan kerusakan Jembatan Nibung memberikan berbagai dampak buruk bagi kehidupan masyarakat di kawasan tersebut.

“Saat musim hujan, sudah dipastikan kawasan ini banjir. Suplai sembako terganggu, distribusi hasil pertanian, dan perkebunan jadi terhambat, begitu juga distribusi produk-produk lainnya ikut terhambat,” katanya.

Ia menjelaskan kerusakan Jembatan Desa Nibung dimulai pada 8 Februari 2016 lalu, di mana Pulau Bangka mengalami musibah banjir besar selama tiga hari berturut-turut yang melumpuhkan sebagian besar akses jalan, khususnya di Kabupaten Bangka Tengah, berujung rusaknya jembatan ini.

Kemudian, pada akhir Januari 2017, curah hujan yang cukup tinggi kembali menambah kerusakan jembatan. Hal ini disebabkan karena tidak adanya penanganan permanen. Penanganan pada saat itu hanya dengan memasang tanggul dari karung berisi pasir.

"Pada Maret 2018, terjadi musibah yang sama, semakin memperparah kondisi Jembatan Desa Nibung. Yang paling terbaru, Januari 2021 banjir besar kembali menghantam wilayah tersebut membuat kondisi jembatan bertambah parah," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021