Pemerintah Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan tenaga kesehatan yang akan melaksanakan tugas penyuntikan vaksin COVID-19 di seluruh pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di daerah itu.

"Kami sudah menentukan para tenaga kesehatan yang akan bertugas melaksanakan penyuntikan vaksin dan sudah menjalani pelatihan," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat M Putra Kusuma di Mentok, Selasa.

Ia menjelaskan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 kepada para tenaga kesehatan sampai saat ini belum dilaksanakan di daerah itu karena masih menunggu jadwal pengiriman dari Kementerian Kesehatan.

"Menurut informasi yang kami terima, kemungkinan untuk kabupaten Bangka Barat dilaksanakan pada Februari 2021, karena untuk tahap awal di Babel vaksin dikirim ke tiga daerah prioritas, yaitu di Kabupaten Bangka, Belitung dan Kota Pangkalpinang, sedangkan empat kabupaten lain masih menunggu tahap selanjutnya," katanya.

Meskipun belum ada kepastian jadwal vaksinasi, namun Kabupaten Bangka Barat telah menyiapkan sejumlah tenaga kesehatan yang nantinya akan melaksanakan tugas tersebut.

Sebagai tahap pertama para tenaga kesehatan yang akan diberikan vaksin akan disuntik oleh petugas yang sudah ditunjuk, masing-masing puskesmas sudah disiapkan lima tenaga vaksinator dan satu dokter.

"Vaksin Sinovac cukup aman dan warga tidak perlu khawatir karena vaksin itu sudah melalui berbagai pemeriksaan dan dinyatakan aman oleh Badan POM dan MUI sudah mengeluarkan fatwa halal dan suci," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021