Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung akan memindahkan perpustakaan daerah ke lokasi yang lebih representatif sebagai upaya meningkatkan minat baca masyarakat setempat.

"Perpusda akan dipindahkan ke Komplek Masjid Agung, kami berharap di lokasi baru ang sering dikunjungi warga itu jumlah pengunjung meningkat," ujar Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka Barat, Rino Rizandi di Muntok, Rabu.

Menurut Rino, saat ini lokasi Perpusda berada di komplek Perkantoran Pemkab setempat yang jaraknya terpencil, cukup jauh untuk dijangkau masyarakat.

"Mungkin karena jaraknya yang sulit diakses sehingga jumlah pengunjung dari kalangan pelajar dan umum cukup memprihatinkan," kata dia.

Upaya mendekatkan perpustakaan di tengah masyarakat tersebut, menurut dia, merupakan langkah awal untuk meningkatkan minat baca warga di daerah itu.

Ia menerangkan, kemungkinan besar mulai awal Februari 2015 pihaknya akan memindahkan sejumlah buku koleksi Perpusda ke lokasi baru.

"Kami akan pindahkan sekitar setengan dari jumlah buku dan judul koleksi yang ada secara bertahap," katanya.

Selain langkah tersebut, katanya, pada pembahasan rencana pembangunan jangka menengah daerah, pihaknya mengajukan rencana pembangunan perpustakaan di pusat Kota Muntok.

"Kami harapkan usulan tersebut disetujui dan direalisasikan mengingat minat baca dan minat berkunjung ke perpustakaan masyarakat semakin merosot," kata dia.

Dia mengharapkan, dengan adanya perpustakaan yang berlokasi di pusat kota akan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda di daerah itu peduli akan pentingnya membaca buku.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015