Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung direncanakan pada Selasa (26/1) menerima sebanyak 2.640 vaksin COVID-19 tahap pertama.

"Untuk proses vaksinasi periode pertama akan dilaksanakan di hari berikutnya di RSUD Sejiran Setason," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat M. Putra Kusuma di Mentok, Senin.

Ia menjelaskan, penyuntikan vaksin pada tahap pertama akan diberikan kepada warga prioritas yaitu para tenaga kesehatan yang bertugas di seluruh pusat kesehatan masyarakat, rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya.

"Namun untuk meyakinkan masyarakat dan sebagai pembukaan tahap awal vaksinasi akan diberikan terlebih dahulu kepada Bupati Bangka Barat bersama pejabat Forkopimda dan tokoh masyarakat setempat, rencananya akan dilaksanakan pada Rabu sekitar pukul 09.00 WIB di RSUD Sejiran Setason," katanya.

Ia menjelaskan, sebanyak 2.640 paket vaksin tersebut akan diberikan untuk dua kali periode penyuntikan dengan selang waktu 14 hari dari pemberian pertama.

Vaksin yang direncanakan tiba di Bangka Barat pada Selasa sementara akan disimpan di instalasi farmasi untuk selanjutnya didistribusikan ke Puskesmas dan fasilitas kesehatan lain di seluruh Bangka Barat.

"Mohon dukungan masyarakat agar tahapan ini berjalan lancar dan jangan lupa tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan untuk bersama-sama membantu memutus mata rantai penyebaran virus," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021