Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Kendali dan Layanan Kemasan "Si Kelesan" untuk membantu industri kecil menengah memesan dan membuat produk kemasan yang berkualitas dan berdaya saing.

"Kami berharap kemasan IKM naik kelas baik secara visual dan fungsional, sehingga bisa bersaing di pasar lokal, nasional maupun global," kata Kepala UPTD Rumah Promosi dan Kemasan Disperindag Provinsi Kepulauan Babel, Muslim El Hakim Kurniawan di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan Si Kelesan ini untuk memudahkan para pelaku usaha IKM dalam memesan kemasan tanpa harus datang ke UPTD Rumah Promosi dan Kemasan. Selain itu, layanan secara daring juga mampu menjangkau IKM/UMKM di seluruh Babel.

"Kehadiran aplikai ini tentunya berdampak pada pengurangan biaya transportasi para pelaku usaha IKM, sekaligus mengurangi kontak langsung di masa pandemi Covid-19," ujarnya.

Menurut dia aplikasi ini memiliki banyak fitur menarik, terdapat pilihan kurir untuk mengantar kemasan ke alamat pemesan, terdapat juga fitur virtual tour 360 di mana kemasan IKM yang sudah diproduksi akan dipromosikan dengan disertai nomor WA IKM tersebut, sehingga calon konsumen yang tertarik bisa langsung memesan produk tersebut ke pelaku usaha.

"Kami telah membuat tutorial di channel youtube dengan nama akun "Rumah Kemasan Babel", di sana di ajarkan langkah-langkah untuk mendaftar," katanya.

Selain itu, Rumah Promosi dan Kemasan Babel juga membuka pendaftaran melalui hotline yang tersedia selama 24 jam dalam 7 hari dengan menghubungi operator di nomor WA 08117111192.

“Jika ada pelaku IKM yang mau membuat kemasan atau desain kemasan bisa melihat tutorialnya di channel youtube rumah kemasan Babel," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021