PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel melalui Fungsi Medical dan HSSE menggelar aksi donor darah dalam rangka bulan K3 yang dilaksanakan di lapangan Kantor Pertamina MOR II Jl. Jend. A. Yani No.1247/ I Plaju - Palembang, Rabu (27/21). 

Kegiatan dilakukan sebagai wujud kepedulian Pekerja dan Mitra Kerja Pertamina terhadap sesama yang memerlukan darah, yang mana akibat Pandemi COVID-19 ini berakibat juga kepada takutnya masyarakat untuk mendonorkan darahnya sehingga berdampak juga terhadap penurunan stok darah bagi masyarakat. 

Dalam rangka turut memeriahkan bulan K3, kali ini Pertamina juga mengenergize masyarakat dalam bentuk lain, yaitu berupa sumbangan plasma darah dengan melalui proses Screening Plasma Konvalesen terlebih dahulu. Adapun DonorPlasma Konvalesen itu maksudnya adalah Pendonor memberikan Plasma atau Serum Darah yang mengandung antibody yang terbentuk karena pernah terjangkit COVID-19. 

Dengan dibuktikan Hasil lab Polymerase Chain Reaction (PCR) yang Positif maka kemudian akan di proses screening oleh Palang Merah Indonesia (PMI) yang bila nanti lolos dari proses tersebut maka barulah pendonor dapat dimanfaatkan plasma/serum darahnya untuk menolong penderita positif COVID-19, terutama kasus kasus yang berat.

Kriteria lolos uji screening ini salah satunya adalah penderita COVID-19 positif yang telah sembuh total dalam kurun waktu 2 minggu sampai 3 bulan terakhir, penderita tidak menderita penyakit comorbid (penyakit kronis), wanita yang belum pernah hamil sama sekali dan beberapa syarat lainnya.

Dalam kegiatan donor darah kali ini di targetkan 50 orang Penyintas akan di seleksi langsung hari ini, kemungkinan akan terus mengerucut sampai didapat Penyintas yang benar-benar qualified untuk menjadi Pendonor Plasma, dan mudah2an hasilnya sesuai yang dibutuhkan, ujar Agustina Mandayati selaku Pjs. Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II.

"Aksi ini dilaksanakan dengan konsep perayaan bulan K3 namun tetap mengikuti sejumlah protokol kesehatan COVID-19 Pertamina, yaitu 5M (Menggunakan masker, Menjaga Jarak, Mencuci tangan, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilisasi) dengan tetap menjaga ventilasi yang terbuka, durasi yang tidak lama artinya bagi peserta yang telah selesai langsung kembali ke tempat masing-masing, serta jalur masuk/ keluar yang berbeda", bagi pendonor tentunya juga telah terseleksi kesehatannya, dan hasil dari donor darah kali ini berhasil mengumpulkan 73 kantong darah yang siap diserahkan ke PMI, tutup Agustina.

Untuk Plasma darah yang lolos nantinya dari uji screening akan diinfokan dari Palang Merah Indonesia (PMI) untuk selanjutnya dapat menjadi Pendonor Plasma Konvalesen. Sehingga dapat membantu sesama penderita COVID-19 lainnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021