Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong para pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk meningkatkan kapasitas produk ekonomi kreatif yang dimilikinya.

"Sehingga dapat bersaing di era digitalisasi sekarang ini jadi perlu ditingkatkan lagi intervensi digital" katanya di Tanjung Pandan, Sabtu.

Hal ini disampaikan dia ketika mengunjungi dua Desa Ekonomi Kreatif di Belitung yaitu Desa Batu Itam dan Desa Terong.

Sandiaga mengapresiasi produk ekonomi kreatif yang dimiliki oleh Desa Batu Itam seperti keramik Bica Belitung, pembuatan kapal serta batik khas Belitung.

"Keramik Bica sudah sampai ke Singapura kemudian baju yanylg aya gunakan ini adalah batik Sepiak khas Belitung," ujarnya.

Ia menyebutkan, pariwisata dan ekonomi kreatif saling memiliki ketergantungan sehingga dengan pulihnya kondisi pariwisata juga diikuti dengan membaik kondisi pelaku ekonomi kreatif.

"Karena 97 persen lapangan kerja diciptakan oleh pelaku UMKM dan 60 persen oleh ekonomi kita ditopang oleh itu," katanya.

Ia menjelaskan, pemerintah akan senantiasa membantu promosi produk ekonomi kreatif termasuk potensi yang dimiliki oleh Belitung.

"Jadi cari apa nih yang diunggulkan Belitung nanti akan kami bantu "blast" dengan "Big Data" dan "Digital Marketing" kami ingin dukung teman-teman semoga Belitung segera bangkit dan menjadi ikon ekonomi kreatif Indonesia," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021