Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan untuk penyempurnaan dan validasi daftar pemilih tetap (DPT).

"Langkah awal yang kami lakukan adalah dengan membongkar kotak suara dan menginventarisasi kembali DPT Pilkada 2020, untuk kemudian dilakukan pencocokan kembali dengan data pemilih tambahan hasil pemutakhiran berkelanjutan," kata Ketua KPU Bangka Tengah Rusdi di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dilakukan untuk mendapatkan data yang berkualitas dan akuntabel.

"Pemutakhiran data berkelanjutan ini diagendakan setiap bulan, sesuai dengan arahan KPU RI," ujarnya.

Ia juga mengatakan, partisipasi pemilih dalam Pilkada 2020 mencapai angka 76,71 persen berdasarkan DPT.

"Partisipasi pemilih di atas target nasional yang hanya 75 persen," ujarnya.

Sekretaris KPU Bangka Tengah Mirfandi menambahkan bahwa pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini berkoordinasi dengan Disdukcapil Bangka Tengah untuk sinkronisasi data.

"Ini baru tahap awal kami lakukan pembongkaran kotak suara, kemudian inventarisasi kembali DPT dan selanjutnya baru berkoordinasi dengan Disdukcapil terkait data kependudukan untuk kepentingan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021