Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat realisasi vaksinasi COVID-19 bagi tenaga kesehatan dan nonkesehatan mencapai 81,46 persen atau 2.558 orang dari target sasaran 3.140 orang.

Juru bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat Rabu mengatakan, realisasi vaksinasi COVID-19 kedua mencapai 81,46 persen mencakup tenaga kesehatan dan tenaga nonkesehatan yang bekerja di fasilitas kesehatan yang tersebar di rumah sakit serta puskesmas di delapan kecamatan.

"Saya berharap realisasi vaksinasi tenaga kesehatan dan non kesehatan segera tercapai 100 persen untuk dilanjutkan vaksinasi tahap kedua yang menyasar pada kelompok TNI, Polri, guru, pedagang pasar, petugas pariwisata dan kelompok lain yang sudah ditetapkan," kata Boy Yandra.

Boy Yandra optimistis vaksinasi COVID-19 di daerahnya akan berjalan lancar sesuai tahapannya karena pertimbangan masyarakat sudah menyadari manfaat vaksin COVID-19 dimana salah satu manfaatnya menciptakan respon antibodi untuk sistem kekebalan tubuh.

"Hanya saja saya mengingatkan meskipun vaksinasi COVID-19 sudah dilakukan, protokol kesehatan harus tetap disiplin untuk diterapkan seluruh masyarakat tanpa terkecuali," jelasnya.

Untuk memaksimalkan pelaksanaan vaksinasi tahap kedua, kata Boy Yandra, Bupati Bangka telah menerbitkan surat edaran nomor 440/0445/kes/2021 tentang pendataan target sasaran pelayanan publik untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

Surat edaran yang diterbitkan bupati itu, merupakan tindak lanjut surat Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI nomor Sr.02.06/C/II/364/2021 tentang hal yang sama.

"Pemerintah Kabupaten Bangka cukup serius dalam penanganan dan pencegahan COVID-19 mulai dari pemberian layanan tes antibodi secara gratis sampai menyediakan sarana isolasi dan karantina bagi pasien positif COVID-19," katanya.

Angka kumulasi kasus COVID-19 di Kabupaten Bangka berdasatkan data informasi dari Dinas Kesehatan sampai saat ini mencapai 1.500 kasus, 1.440 pasien dinyatakan sembuh dan 19 pasien COVID-19 meninggal dunia.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021