Satuan Tugas COVID-19 Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengimbau perayaan Tahun Baru Imlek 2572 tanpa menggelar acara "open house" atau menerima tamu guna mengantisipasi penyebaran virus COVID-19.

"Tidak menggelar "open house", tidak menimbulkan kerumunan dan segala macam," kata Ketua Satgas COVID-19 Kabupaten Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Rabu.

Satgas COVID-19 Kabupaten Belitung juga meminta rangkaian sembahyang tahun baru Imlek yang diselenggarakan di Kelenteng maupun Vihara dijalankan dengan protokol kesehatan secara ketat.

"Mungkin bisa dibatasi dan dibagi pelaksanaannya sembahyang menjadi beberapa sesi secara bergantian sehingga tidak menimbulkan kerumunan," ujarnya.

Dia berharap, masyarakat Tionghoa yang merayakan Imlek dapat saling mengerti dan memaklumi dikarenakan kondisi yang masih berada ditengah pandemi COVID-19.

"Jadi sama-sama menghargai dan sama-sama memahamilah kondisi pandemi ini," katanya.

Ia menambahkan, tradisi saling mengunjungi pada puncak Hari Imlek 2572 untuk sementara ini dapat digantikan dengan saling berkirim makanan dengan maksud tidak mengurangi makna perayaan itu sendiri.

"Mislanya untuk angpao bisa digantikan cara pemberiaannya dengan cara ditransfer," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021