PDAM Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memastikan distribusi air bersih kepada masyarakat atau sejumah pelanggan di daerah itu berjalan lancar ketika memasuki musim kemarau.

"Kami sudah melakukan persiapan menghadapi musim kemarau ini agar pasokan air bersih kepada pelanggan tetap berjalan lancar," kata Direktur PDAM Belitung, Badia Parulian di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, PDAM Belitung memiliki tiga lokasi sumber air baku serta dua sumber air baku cadangan yang sampai saat ini debit airnya masih mencukupi dan belum mengalami kekeringan.

"Memang ada satu kolong sumber air baku yang mengalami susut namun hanya sedikit dan tidak terlalu signifikan kami juga sudah menyiapkan air baku dari kolong cadangan," ujarnya.

Selain itu, lanjut Badia, dalam menghadapi musim kemarau PDAM Belitung juga melakukan perawatan terhadap jaringan dan pipa agar tidak ada yang tersumbat atau mengalami kebocoran.

PDAM Belitung juga memastikan agar kolam sumber air baku tetap steril dan tidak tercemar sehingga kualitas air yang disalurkan kepada masyarakat dalam keadaan baik.

"Kami juga berusaha sekarang bagaimana kualitas air kami lebih bagus dari hari sebelumnya baik dari penataan dan pengolahannya kami sekarang juga sudah digitalisasi menggunakan "water meter" sehingga kualitas air yang masuk ke masyarkat sudah teruji, bagus dan volumenya pas seperti harapan masyarakat," kata Badia.

Pewarta: Aprilliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021