Pangkalpinang, 13/2 (Antara) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, Sarju mengatakan pekerjaan fisik pembangunan Jembatan Baturusa II baru selesai 60 persen.

"Proyek ini adalah proyek tahun jamak (multiyears), jadi kekurangan tahun lalu akan kita selesaikan tahun ini, diusahakan tahun ini juga sudah selesai," kata Sarju di Pangkalpinang, Rabu.

Saat ini, proyek pengerjaan Jembatan Baturusa II telah memasuki tender proyek untuk paket pekerjaan tahun kedua yang akan dikerjakan mulai Maret 2013.

"Sekerang sudah masuk dalam proses tender, diharapkan Maret mulai dikerjakan dan selesai sembilan bulan setelah itu," kata Sarju.

Anggaran yang diperlukan guna menyelesaikan pembangunan jembatan tersebut sekitar Rp106 miliar. Dana yang sudah ada terserap sekitar Rp56 miliar dan akan ditambah lagi sebanyak Rp50 miliar.

Jembatan Baturusa II akan menghubungkan wilayah selatan dengan wilayah utara Kota Pangkalpinang.

Jembatan tersebut merupakan jembatan berteknologi angkat atau 'bascule' yang memungkinkan sistem buka tutup sehingga bagian bawah jembatan bisa dilalui oleh kapal-kapal bertonase besar.

Jembatan Baturusa II memiliki panjang 784,5 meter dan lebar 23,2 meter.

Pewarta:

Editor : Ida


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013