Kepala Tim Pengawas  Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), Brigjen TNI Sulistiyono meninjau langsung kegiatan TMMD ke 110 tahun 2021 di Kabupaten Bangka Barat.

"Pengawasan dan evaluasi TMMD ke 110 tahun 2021 saat ini bertujuan untuk mengukur kinerja organisasi satuan tugas (Satgas) TMMD, mulai dari tahap perencanaan, persiapan pelaksanaan sampai dengan selesai," kata Brigjen TNI Sulistiyono, usai melakukan peninjauan langsung kegiatan TMMD di Bangka barat.

Ia mengatakan, tujuan kegiatan TMMD, selain untuk membantu percepatan pembangunan di daerah juga untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat serta sebagai sarana untuk mempercepat dan mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Program TMMD melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat ini dimulai dengan mekanisme planing yang direncanakan secara koferensif dengan melibatkan unsur - unsur terkait mulai dari tingkat desa, kelurahan dan sampai tingkat kabupaten/kota.

Dan sasaran yang dipilih berdasarkan skala prioritas dan stategis, diteliti dan dipadukan dengan program pemerintah daerah. Kemudian dibahas dalam forum DPRD untuk disahkan menjadi program TMMD.

"Program TMMD diserahkan oleh Bupati atau Walikota kepada Dandim selaku Dan Satgas TMMD untuk dikerjakan selama 30 hari. Meskipun dimasa pandemi COVID-19, kegiatan TMMD diharapkan dapat berjalan secara optimal, efektif dan efisien," ujarnya.


Jika kegiatan TMMD selesai dilaksanakan, maka akan diserahkan oleh Dandim kepada pemerintah daerah dalam hal ini Bupati atau walikota untuk di manfaatkan seluruhnya oleh masyarakat.

"Atas nama Bapak Kasat Andika Perkasa selaku penangungjawab operasional TMMD, Saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada pemerintah daerah dan komponen masyarakat yang telah mendukung terlaksananya TMMD di wilayahnya," kata ju Sulistiyono.

Seluruh anggota TNI dan Polri, aparat pemerintah dan masyarakat jiga diharapkan untuk senantiasa  mengembangkan kemanunggalan TNI dan rakyat agar kegiatan TMMD dapat berjalan dengan lancar.

"Tingkatkan kepedulian, pelihara dan rawat dengan sebaik - baiknya hasil TMMD ke-110 tahun 2021 agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam jangka waktu yang panjang," ujarnya.

Sasaran fisik dalam kegiatan TMMD ini yang telah dibangun agar dapat mendorong tumbuh kembangnya usaha - usaha masyarakat di bidang perekonomian guna meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat dan mendukung pemerintah dalam hal pemerataan pembangunan dan pementasan kemiskinan.

Sedangkan sasaran non fisik yang dilaksanakan, diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kreatifitas masyarakat dalam mengangkat kualitas kehidupan kearah yang lebih baik, maju sejahtera dan mandiri. Selain itu harapan yang diinginkan adalah dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, cinta tanah air, patriotisme dan bela negara.

"Mari oelihara hubungan yang sudah berjalan baik selama ini antara TNI beserta jajarannya dengan Polri, Pemda maupun dinas instansi terkait,  aparat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat," katanya.

ia menambahkan, dengan melihat langsung TMMD di Bangka Barat,  sasarannya cukup banyak dan secara progres sudah tercapai dengan sisa waktu yang ada.

Adapun sejumlah pembangunan yang telah dilaksanakan dalam kegiatan TMMD diantaranya membuka jalan penghubung sepanjang 13,3 KM dari tanjung ular sampai Desa Air Limau, membangun jembatan, bedah rumah, membangun lapangan volly dan gorong - gorong.

"Kalau dilihat kualitas sudah cukup bagus, oleh karena itu saya harapkan kegiatan - kegiatan seperti ini kedepan bisa dikembangkan dan dilanjutkan karena sangat bermanfaat kepada masyarakat Bangka Barat ini," jelasnya.

Hadir dalam peninjauan tersebut, Brigjen TNI Sulistiyo atas nama Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal Andika Perkasa didampinggi Kasdam II Sriwijaya, Brigjen TNI M Zamroni, Kasrem 045/Gaya Kol Inf Joko Suyanto, Waaster Raden Novi Setiana, Komandan Kodim 0431 Bangka Barat, Letkol Inf Agung Wahyu Perkasa, Plh Bupati Bangka Barat, Muhammad Soleh dan Kapolres AKBP Fedriansyah.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021