Satuan gugus tugas COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat jumlah pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh mencapai sebanyak 2.156 orang dari total kasus 2.259 orang.

"Sejak munculnya kasus COVID-19 di Kabupaten Bangka satu tahun lalu, sampai sekarang tercatat sudah 2.156 pasien COVID-19 yang sudah sembuh setelah menjalani proses perawatan isolasi dan karantina," kata juru bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Jumat.

Dia mengatakan ribuan pasien yang sembuh tersebut berasal dari delapan kecamatan masing-masing dari Kecamatan Bakam sebanyak 31 orang, Kecamatan Belinyu 130 orang, Kecamatan Mendo Barat terdapat 293 orang sembuh, Kecamatan Merawang 228 orang.

Kemudian asal Kecamatan Pemali sebanyak 309 orang, Kecamatan Puding Besar 87 orang, asal Kecamatan Riau Silip sebanyak 124 orang serta dari Kecamatan Sungailiat sebanyak 954 orang sembuh.

"Angka kesembuhan pasien COVID-19 diprediksi masih akan bertambah mengingat masih terdapat 73 orang yang menjalani isolasi untuk proses perawatan kesehatan tim medis," jelasnya.

Menurutnya, berdasarkan data informasi selain 2.156 pasien yang sembuh terdapat juga sebanyak 4.551 orang diketahui kontak erat dengan pasien terpapar COVID-19 berasal dari semua wilayah kecamatan.

Boy Yandra mengatakan, pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang dinyatakan meninggal dunia sudah mencapai 30 orang dan umum pasien yang meninggal memiliki riwayat penyerta.

"Saya tegaskan agar penerapan disiplin protokol kesehatan harus tetap dilakukan sebagai antisipasi awal penyebaran dan memutus rantai penyebaran virus corona mengingat sampai saat ini masih ditemukan belasan orang terkonfirmasi positif," jelasnya.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021