Sebanyak 340 personel polisi Polres Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerima layanan vaksinasi Astrazeneca dosis pertama pelayanan kelompok pelayanan publik.

Kapolres Bangka AKBP Widi Haryawan melalui Kabag Ops Kompol Ricky di Sungailiat, Senin mengatakan 340 personel polisi yang mendapatkan layanan vaksinasi Astrazeneca berdasarkan data penerima dari dinas kesehatan setempat.

"Sebelumnya ratusan personel polisi lainya sudah mendapatkan layanan vaksin Sinovac baik dosis pertama maupun vaksin dosis kedua," jelasnya.

Dengan pelayanan vaksinasi bagi personel polisi baik jenis Sinovac maupun Astrazeneca dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, namun tetap harus disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Kami mengintruksikan seluruh personel polisi agar tetap menjaga kesehatan termasuk dispilin menerapkan prokes COVID-19 agar dapat maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," jelasnya.

Pihaknya juga mendukung sekaligus membantu pemerintah daerah atau Satgas COVID-19 dalam pencegahan dan penanganan "severe acute respiratory syndrome coronavirus" 2 (SARS-CoV-2) dimana penyebarannya sudah terjadi disemua wilayah kecamatan.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti mengatakan, penggunaan vaksin Astrazeneca baru pertama kalinya di Bangka Belitung dan sesuai kuota hanya untuk personel polisi Polres Bangka.

"Kami mendapat distribusi vaksin Astrazeneca sebanyak 34 vial atau diperuntukan bagi 340 personel polisi," jelasnya.

Menurutnya, efektivitas vaksin Astrazeneca cukup baik dan penggunaanya sudah dianjurkan karena sudah memenuhi syarat uji klinis.

Dia mengatakan, untuk manfaatnya lebih banyak dari pada efek sampingingnya dan sampai sekarang masih cukup aman, vaksin Astrazeneca boleh diberikan pada usia lebih dari 18 tahun atau sesuai dengan Emergency Use Authorization (EUA) yang telah diperbaiki pada dosis kedua menjadi empat sampai delapan minggu.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021