Personel Kepolisian Resor Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan jemaat GPIB Immanuel Tanjung Pandan pada pelaksanaan ibadah Misa Kamis Putih yang berlangsung malam ini.

"Setiap jemaat beserta barang bawaan jemaat kami periksa menggunakan "metal detector" sebelum memasuki gereja," kata Kapolres Belitung, AKBP Ari Mujiono melalui Kasat Sabhara Polres Belitung, Iptu Abdul Haris di Tanjung Pandan, Kamis malam.

Menurut dia, hal tersebut merupakan prosedur pengamanan kegiatan ibadah Misa Kamis Putih pada sejumlah gereja di wilayah itu guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak dinginkan serta memberikan rasa aman kepada jemaat selama ibadah berlangsung.

"Kami mengantisipasi adanya barang bawaan berbahaya serta tindak kejahatan lainnya selain itu kami ingatkan agar jemaat yang datang tetap mematuhi protokol kesehatan," ujar dia.

Ia menjelaskan, sebelum pelaksanaan ibadah dimulai personel dari Satuan Brimob dari Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Bangka Belitung juga telah melakukan strelisasi ruangan gereja tersebut.

"Tadi telah disterilkan oleh personel Brimob kemudian diserahkan kepada kami untuk tugas pengamanan selanjutnya sampai sejauh ini kondisi masih aman dan kondusif," katanya.

Ia mengimbau, kepada umat kristiani yang melaksanakan ibadah untuk tidak panik dan khawatir berlebihan terutama menyikapi situasi yang terjadi akhir-akhir ini.

"Kami dari kepolisian siap mengamankan jalannya pelaksanaan ibadah sehingga berjalan aman dan lancar," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021