Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan menyambut baik rencana "International conference on sustainable environment agriculture and tourism" (ICoSEAT) 2022 di daerah oleh tim Departemen Tehnik Pertanian dan Biosistem Fakultas Tekologi Pertanian UGM.

"Saya menyambut baik rencana seminar konferensi yang akan diselenggarakan pihak Teknik Pertanian dan Biosistem Fakultas Teknologi Pertanian UGM dengan melibatkan sejumlah universitas di Bangka Belitung dengan harapan hasil penelitian itu nantinya memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi daerah," kata Mulkan di Sungailiat, Jumat saat audiensi dengan pihak UGM.

Mulkan mengatakan, sektor pertanian dan pariwisata di daerahnya menjadi sektor unggulan dimana kedepannya dapat memberikan kontribusi pada pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Secara perlahan sektor pertambangan biji timah akan ditinggalkan dan beralih ke kedua sektor unggulan tersebut," jelasnya.
 
Bupati Bangka foto bersama dengan tim ICoSEAT UGM 2022. (babel.antaranews.com/Kasmono)

Bupati mengakui, pihaknya diberikan kelonggaran memanfaatkan hutan untuk pengembangan pertanian oleh lembaga berwenang dalam rangka memperkuat dukungan ketahanan pangan nasional. 

Pengembangan sektor kepariwisataan kata Mulkan, kedepannya tindak hanya menjual keindahan pantainya namun dikemas melalui konsep pola terpadu dimana wisata edukasi yang akan dieksplor dan menjadi daya tarik tersendiri. 

Sementara Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UGM Funi Harmayani mengatakan seminar "International conference on sustainable environment agriculture and tourism" (ICoSEAT) 2022 mengambil tema "Agroindustry 4.0 tourism and supportive goverment for susainable developmens".

Dia mengatakan, pihaknya akan melakukan survei lokasi sebagai tahapan lanjutan dengan melibatkan seluruh tim penyelenggara serta melakukan diskusi dengan beberapa organisasi perangkat daerah, Fakultas Perikanan, Pertanian dan Biologi UBB dan pimpinan Stisipol Pahlawan 12 serta pimpinan Politeknik Manufaktur Bangka Belitung.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021