Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yusmiati Mulkan mengajak masyarakat di daerahnya memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk ditanami tanaman sayuran atau jenis lainnya yang mempunyai nilai ekonomi bagi keluarga.

"Saya mengajak seluruh masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk kegiatan tanaman sayuran maupun jenis tanaman lainnya yang bermanfaat dan bernilai ekonomi sebagai sumber pendapatan," katanya di Sungailiat, Selasa seusai panen jagung di perkarangan Kantor Dinpanpertan.

Yusmiati Mulkan mengatakan, menanam sayuran yang disesuaikan dengan memanfaatkan pekarangan rumah dapat dilakukan dengan berbagai cara termasuk pola hidroponik bagi warga yang memiliki perkarangan terbatas.

"Pengembangan tanaman jagung maupun jenis lainnya seperti yang dilakukan pihak Dinpanpertan selaras atau sinergi dengan program "Hatinya PKK"," jelasnya.

Dia menginginkan lahan warga yang tidak produktif dapat diolah semaksimal mungkin sehingga memberikan nilai kontribusi ekonomi bagi keluarga.

Yusmiati Mulkan mengapresiasi program pemanfaatan lahan perkarangan oleh Dinpanpertan Bangka, terutama dalam rangka menambah dan menyejahterakan perekonomian di tengah masyarakat saat ini.

"Program "Hatinya PKK" lebih kepada penerapan program PKK Bangka yang berkolaborasi bersama masyarakat dalam mengembangkan potensi daerah. Mari berdayakan potensi yang ada di sekitar kita, misalnya ada lahan yang terbengkalai, alangkah baiknya ditanami dengan tumbuhan bermanfaat, seperti jagung dan tanaman yang bermanfaat lainnya," katanya.

Hasil panen tanaman yang ditanam di pekarangan rumah kata dia, selain membantu kebutuhan pangan keluarga juga dapat dijual jika hasil panennya banyak.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021