Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan meminta tenaga pendamping desa membantu upaya pencegahan penularan COVID-19.

"Saya minta para pendamping desa bisa mengambil sikap, bagaimana dengan cerdas, cepat, dan tepat serta tahu apa yang harus dilaksanakan dalam menanggulangi COVID-19 ini," kata Erzaldi di Pangkalpinang, Kamis.

"Kami berharap tenaga pendamping desa ini dapat menjadi ujung tombak dalam upaya preventif penyebaran COVID-19 di desa," ia menambahkan.

Para tenaga pendamping pemerintah desa, ia mengatakan, juga bisa membantu mengarahkan penggunaan dana desa untuk mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan COVID-19.

"(Agar) dananya ketika ada suspek baru bisa dikeluarkan," katanya.

Gubernur menjelaskan bahwa Provinsi Bangka Belitung ditetapkan sebagai salah satu pelaksana pemberlakuan pembatasan masyarakat (PPKM) mandiri karena mengalami peningkatan kasus infeksi virus corona.

Dia meminta desa-desa dengan banyak kasus COVID-19 menjalankan PPKM. "Sebaiknya langsung tetapkan atau canangkan desa sebagai PPKM, jangan menunggu adanya indikasi baru bertindak," katanya.
 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021