Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sebanyak 149 dari 276 pasien COVID-19 menjalani isolasi mandiri.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Kamis mengatakan, 149 pasien yang menjalani isolasi mandiri tersebar di sejumlah desa atau kelurahan yang ditetapkan  pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro.

"Sedangkan pasien yang tidak dilakukan isolasi mandiri, menjalani isolasi atau karantina di sejumlah rumah sakit maupun di balai karantina yang sudah disediakan pemerintah daerah," katanya.

Pasien yang menjalani isolasi mandiri kata dia, mendapat pengawasan ketat tim medis pusat kesehatan masyarakat maupun tim satgas di masing-masing kelurahan dan desa.

Pemerintah Kabupaten Bangka menetapkan empat kelurahan dan tiga desa untuk melaksanakan PPKM mikro masing-masing Kelurahan Kenanga, Sungailiat, Srimenanti dan Kelurahan Parit Padang, serta Desa Air Ruay,  Bukit Layang dan Desa Karya Makmur.

"276 pasien COVID-19 yang masih menjalani perawatan kesehatan tersebut sudah termasuk dengan jumlah penambahan pasien positif hari ini sebanyak 45 orang," katanya.

Berdasarkan data informasi COVID-19 Kabupaten Bangka, jumlah warga positif mencapai 3.051 orang dan 2.733 orang sembuh serta 47 pasien COVID-19 dinyatakan meninggal dunia.

"Sedangkan warga yang diketahui kontak erat dengan pasien COVID-19 mencapai 5.337 orang, 150 warga masih menunggu hasil tes usap dari uji laboratorium," kata Boy Yandra.

Dia mengingatkan masyarakat untuk segera membawa anggota keluarganya ke rumah sakit terdekat jika mengalami keluhan kesehatan atau sakit untuk segera mendapat perawatan kesehatan serta mencegah terinfeksi penularan COVID-19.

"Disiplin protokol kesehatan sampai saat ini masih menjadi cara utama mencegah dan memutus rantai penyebaran virus corona," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021