Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan tujuh kabupaten/kota berstatus zona orange atau beresiko sedang penularan COVID-19, sehingga pemerintah daerah menerapkan protokol kesehatan untuk menekan kasus menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah.

"Alhamdulillah, Bangka Barat sebelumnya zona merah sudah kembali ke orange karena angka kasus COVID-19 yang menurun," kata Juru Bicara Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Andi Budi Prayitno di Pangkalpinang, Sabtu.

Berdasarkan peta zonasi risiko mingguan COVID-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, zona merah (risiko tinggi) nihil, zona orange (resiko sedang) di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Belitung Timur, Belitung, Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Kabupaten Bangka Barat.

"Zona kuning atau risiko rendah penularan COVID-19 di kabupaten/kota di Babel tidak ada atau nihil," ujarnya.

Hari ini (Sabtu,8/5) tercatat orang yang terkonfirmasi COVID-19 menyentuh angka 14.478 orang. Dalam 1 minggu terakhir orang yang terpapar dan dinyatakan positif 1.027 kasus, sementara orang yang meninggal dunia akibat COVID-19 berjumlah 12 orang.

"Itu artinya orang yang terkonfirmasi Covid-19 pekan ini mengalami penurunan, dimana lonjakan atau penularan Covid-19 massif masih terjadi terutama di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Barat, dan Kabupaten Belitung," katanya.

Menurut dia terjadinya penularan COVID-19 yang masif dan lonjakan kasus kematian di sejumlah daerah ditengarai disebabkan oleh meningkatnya mobilitas dan kegiatan berkerumun masyarakat di tempat-tempat keramaian dan fasilitas publik baik untuk aktivitas ekonomi, pendidikan, tak terkecuali aktivitas keagamaan dan rekreasi/pariwisata, lantaran melalaikan dan mengabaikan atau tidak mengindahkan penerapan protokol kesehatan.

"Ketidakdisiplinan mereka yang dinyatakan positif COVID-19 untuk menjalani swaisolasi atau karantina mandiri di rumah/tempat tinggalnya serta ketidakpedulian masyarakat untuk turut serta melakukan pengawasan terhadap orang yang positif menambah panjang daftar orang yang terpapar dan tertular COVID-19 di daerah ini," katanya. ***3***

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021