Tim Gabungan TNI/Polri dan Satpol PP di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengawal ketat pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1442 Hijriah di masjid, guna memastikan pelaksanaan shalat berjamaah itu mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

"Saya sudah berkeliling beberapa masjid yang melaksanakan Sholat ID dan sudah melaksanakan protokol COVID-19," kata Danrem 045/Garuda Jaya Brigjen TNI Mateus Jangkung Widyanto saat memantau pelaksanaan Shalat Id di Masjid Jami' Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan Shalat Id di tengah pandemi COVID-19 ini, pihaknya telah mengimbau masyarakat tidak melaksanakan secara berjamaah di masjid dan lapangan terbuka, guna mencegah dan memutuskan mata rantai penularan virus corona ini selama Idul Fitri ini.

"Kita sudah mengimbau masyarakat untuk Shalat Id di rumah saja, namun sebagian besar masjid khususnya di Kota Pangkalpinang tetap melaksanakan Shalat Id berjamaah di masjid," ujarnya.

Oleh karena itu pelaksanaan Shalat Id berjemaah di masjid ini diamankan secara ketat agar pengurus masjid dan masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan COVID-19.

"Kita melihat pelaksanaan Shalat ID ini sudah sesuai dengan protokol kesehatan, seperti barisan shalat sudah berjarak satu meter, jemaah menggunakan masker dan jemaah tidak terlalu banyak yang datang untuk melaksanakan Shalat Id tahun ini," katanya.

Menurut dia, pelaksanaan Shalat Id tahun ini cukup sepi dan inilah yang diharapkan supaya tidak terlalu banyak kerumunan massa, demi keamanan bersama.

Pelaksanaan Shalat Id yang dimulai pukul 07.15 WIB hingga 07.45 WIB berjalan aman, lancar dan tertib terlihat agak lengang dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, karena adanya pembatasan jemaah dari pengurus masjid.

Terlihat aparaat gabungan TNI, Polri, Satpol PP dan petugas Satgas COVID-19 Provisi Kepulauan Babel bersiaga dan memantau pelaksanaan sholat hari kemenangan setelah 30 hari berpuasa selama bulan suci Ramadhan. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021