Koba (Antara Babel) - Korem 045/Garuda Jaya Bangka menyerahkan bekas Kantor Koramil kepada Pemkab Bangka Tengah, Bangka Belitung, untuk dijadikan sebagai fasilitas publik.

"Aset tersebut sudah kami serahkan kepada Pemkab Bangka Tengah, sudah diproses dan ditandatangani dan tidak ada masalah lagi," kata Danrem 045/Garuda Jaya Kol Inf  Murlim Mariadi di Koba, Kamis.

Hal itu dikemukakannya saat melakukan kunjungan ke Koramil Koba dan bersilaturrahim dengan Bupati Bangka Tengah Erzaldi Rosman.

"Sebagai gantinya, pemerintah daerah menyediakan bangunan dan lahan baru untuk kami, kondisinya bagus dan bahkan Koramil Koba akan dijadikan sebagai percontohan," ujarnya.

Ia mengatakan, di Koramil Koba nanti juga akan dibangun gedung pendidikan khusus untuk Babinsa dan fasilitas lainnya.

"Tadi saya sudah bicara dengan bupati dan ternyata mendapat respon yang sangat baik karena peran Babinsa juga sangat penting bagi keamanan suatu daerah," ujarnya.

Bupati Bangka Tengah Erzaldi Rosman mengatakan, bekas Kantor Koramil Koba yang lama itu dibangun sekitar tahun 70-an dan berada kawasan bundaran ikan Kota Koba.

"Rencananya di kawasan tersebut akan dibangun taman, tentu kantor tersebut kami rubuhkan namun tetap menyisakan sebagian sebagai tanda atau monumen bahwa di lokasi tersebut merupakan Kantor Koramil," ujarnya.

Pemkab Bangka Tengah mengganti gedung tersebut dengan gedung baru yang lebih representatif dan bahkan dilengkapi dengan fasilitas lainnya.

"Dalam waktu dekat ini pemerintah daerah akan membantu pembangunan ruangan perpustakaan dan kelas pelatihan bagi Babinsa," ujarnya.

Ia mengatakan, Bangka Tengah hingga sekarang masih kekurangan Babinsa sehingga satu Babinsa harus menangani dua hingga tiga desa.

"Dengan adanya pendidikan Babinsa di Koramil Koba maka ini jelas sangat membantu daerah, karena mereka dididik selama beberapa bulan dan ditempatkan di sejumlah desa," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015