Kepolisian Resor Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memusnahkan narkotika jenis sabu-sabu sebesar satu kilogram lebih atau 1.013,45 gram senilai lebih kurang Rp2 miliar.

Kapolres Bangka AKBP Widi Haryawan melalui Wakapolres Kompol Faisal F di Sungailiat, Selasa mengatakan, sabu-sabu yang dimusnahkan seberat bersih 1.013,45 gram merupakan hasil kerja maksimal satuan reseser narkoba dalam ungkap kasus tindak kejahatan pengedaran narkotika pada 22 April 2021.

"Keberhasilan pengungkapan tindak kejahatan narkotika dengan barang bukti sabu-sabu seberat itu menjadi prestasi tersendiri karena baru pertama kalinya berhasil mengungkap dengan volume cukup besar," jelasnya.

Dengan keberhasilannya ini pula wakapolres menilai, ribuan orang berhasil diselamatkan dari ancaman konsumsi narkoba yang sangat membahayakan.

"Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali untuk berperan aktif secara terpadu melalukan mencegah peredaran narkoba yang sangat mengkhawatirkan bagi masyarakat," katanya.

Tindak kejahatan narkotika kata dia, dapat masuk kesemua kelompok dengan berbagai status sosial masyarakat. Pelaku kejahatan narkotika melihat Bangka Belitung dianggap menjadi wilayah yang strategis melakukan pengederan narkotika.

Sementara kasar reserse narkoba Polres Bangka, IPTU Irwan Haryadi mengatakan, satu kilogram lebih sabu-sabu yang berhasil diungkapnya merupakan pengembangan dari kasus yang sama sebelumnya.

"Pelaku dengan inisial Ap (41) asal Sungailiat mengemas sabu-sabu didalam bungkusan premen dengan cara melempar di jalan untuk diambil pembelinya," katanya.

Ap mendapat barang dari salah satu bandar narkoba yang saat ini sudah diketahui identitasnya, pelaku diancam dengan hukuman kurangan mininal seumur hidup dan maksimal hukuman mati. Masih terdapat beberapa gram sabu dari kasus yang sama saat ini disimpan dengan cukup aman guna pembuktian proses hukum selanjutnya.

Pemusnahan barang bukti sabu-sabu dengan cara dihancurkan dengan mesin blender, diikuti Kajari Bangka Farid Gunawan, Pengadilian Negeri Sungilait, Ketua DPRD Bangka Iskandar Staf Ahli Bupati Bangka Bidang Politik dan Pemerintahan Asmawi Alie.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021