Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengembangkan budi daya udang vaname skala rakyat, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Untuk tahap awal kita membangun dua kolam percontohan di Desa Kurau Barat yang dikelola dengan sistem berkelompok," kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan, program pengembangan budi daya udang vaname merupakan terobosan baru di bidang perikanan air tawar dengan memberdayakan para kelompok budi daya ikan pada setiap kecamatan.

"Kalau selama ini budi daya udang vaname dilakukan para perusahaan skala besar, sekarang kita coba dikembangkan udang vaname skala rakyat," ujarnya.

Menurut bupati, budi daya udang vaname memiliki prosfek ekonomi cukup baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Prospek ekonominya cukup baik, harga relatif tinggi, permintaan juga tinggi dan pemasarannya juga lebih mudah," ujarnya.

Menurut dia, dengan geografis daerah pesisir pantai sangat memungkinkan untuk membudiayakan udang vaname.

"Saat ini pemerintah daerah membangun dua kolam percontohan dengan kafasitas 35 ribu benih udang per kolam dan sekaligus kolam percontohan itu untuk tempat belajar bagi para pembudidaya yang tergabung dalam kelompok," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021