Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ansori mengajak masyarakat di daerah itu bergotong-royong menghadapi pandemi COVID-19 dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila 1 Juni.

"Karena intisari dari butir-butir pancasila adalah semangat gotong-royong terutama ketika menghadapi bencana non alam seperti sekarang ini yaitu pandemi COVID-19," katanya di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, sebagai buah pikiran dan perenungan mendalam dari sang proklamator bangsa yaitu Soekarno maka sampai sekarang pancasila masih tetap aktual menjadi ideologi bangsa.

Dijelaskannya, dalam suatu kesempatan Bung Karno pernah berkata jika butir-butir pancasila diperas atau diambil intisarinya maka dapatlah satu kata yaitu gotong royong.

"Semangat gotong-royong ini sangat relevan sekali dengan kondisi sekarang kita harus saling bahu membahu dan saling bantu dalam menghadapi pandemi COVID-19," ujarnya

Politis PDI Perjuangan ini menilai semangat gotong royong ditengah masyarakat sekarang ini mulai memudar seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Kita sekarang lebih individualis, apatis dan tidak peka dengan sesama kita padahal identitas bangsa ini adalah gotong royong maka mari kita satukan kembali semangat ini menjadi kekuatan menghadapi pandemi," katanya.

Ia berharap, masyarakat dapat terus mengaktualisasikan nilai-nilai pancasila di dalam kehidupan nyata berbangsa dan bernegara.

"Pancasila harus nyata dalam tindakan agar bangsa kita benar-benar tangguh dan mampu menghadapi badai pandemi ini," ujar Ansori.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021