Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat jumlah kunjungan wisatawan di daerah itu pada triwulan pertama tahun 2021 mencapai 32.885 orang.

Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Belitung, Rohili di Tanjung Pandan, Kamis mengatakan jumlah tersebut terdiri dari kunjungan wisatawan nusantara sebanyak 32.452 orang dan wisatawan mancanegara sebanyak 433 orang.

"Walaupun jumlah kunjungan ini sedikit namun setidaknya masih terlihat bahwa Belitung tetap menarik bagi wisatawan yang berkunjung dari luar daerah," katanya.

Menurut dia, ditengah kondisi pandemi COVID-19 tingkat kunjungan wisatawan ke daerah itu jauh menurun jika dibandingkan dengan kondisi dua tahun sebelumnya.

"Tetapi jika dibandingkan dengan daerah lain kunjungan wisatawan di Belitung masih lumayan bagus kalau daerah lain kondisinya lebih parah kami berharap COVID-19 segera melandai sehingga pariwisata kembali normal," ujarnya.

Ia menjelaskan, jumlah kunjungan wisatawan di bulan Januari terdiri dari wisatawan nusantara sebanyak 9.333 orang dan mancanagera sebanyak 56 orang sedangkan bulan Februari kunjungan wisatawan nusantara sebanyak 9.191 orang dan wisatawan mancanegara sebanyak 120 orang.

"Jumlah kunjungan wisatawan nusantara di bulan Maret sebanyak 13.928 dan wisatawan mancanegara sebanyak 257 orang," katanya.

Dikatakan dia, kendati pandemi COVID-19 masih melanda pihaknya tetap melakukan promosi wisata kepada calon wisatawan di luar daerah dengan "digital campaign" atau promosi digital.

"Kami tetap mempromosikan potensi keindahan pariwisata Belitung terutama secara digital dan kami yakin wisatawan akan tetap berkunjung ke sini (Belitung, red) karena keindahan Belitung kami yakin tetap melekat di hati wisatawan," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021