PT Pertamina (Persero) berupaya memperkuat kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, Bandar Lampung untuk menyukseskan Program Langit Biru yang dinilai lebih ramah lingkungan.

"Kali ini kami menjalin silaturahim untuk kerja sama dengan Pemkab Pesisir Barat dalam rangka memperluas dan memperkuat pelayanan energi kepada masyarakat di daerah itu," kata Unit Manager Communication, Relation dan CSR Marketing Operation Region II Sumbagsel, Umar Ibnu Hasan dalam rilis yang diterima Antara di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menjelaskan, PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) Sumbagsel telah melakukan pertemuan dengan Bupati Pesisir Barat Bandar Lampung untuk sosialisasi rencana pelaksanaan Program Langit Biru dan pembangunan Pertashop.

"Dalam pertemuan tersebut juga dibahas terkait kebutuhan BBM nelayan bersama Pemkab Pesisir Barat Bandar Lampung," ujarnya.

Hadir pada kesempatan itu, Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal, Sales Area Manager Lampung Bengkulu Donny Brilianto dan SBM I Lampung Bengkulu Agung Kaharesa Wijaya.

Umar Ibnu Hasan mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk  sinergi antara Pertamina Sumbagsel dengan Pemkab Bandar Lampung yang diharapkan bisa menyukseskan rencana memperluas pendirian Pertashop dan pelaksanaan Program Langit Biru.

Jalinan komunikasi dan kerja sama yang baik ini sangat penting agar kegiatan operasional perusahaan di wilayah Pesisir Barat Bandar Lampung ini bisa berjalan lancar dan sukses.

Pemkab Pesisir Barat mendukung Program Langit Biru untuk kualitas udara yang lebih baik dan mengedukasi masyarakat menggunakan BBM berkualitas dan ramah lingkungan.

Program Langit Biru merupakan program pemerintah untuk mengendalikan pencemaran udara terutama yang bersumber dari kendaraan agar kualitas udara bersih meningkat dengan mengurangi emisi gas buang.

"Dalam program ini kita juga melakukan edukasi dan mengajak masyarakat merasakan pengalaman manfaat menggunakan BBM berkualitas dan ramah lingkungan," katanya.

Program Pertashop merupakan lembaga penyalur Pertamina skala kecil untuk melayani kebutuhan BBM, LPG dan pelumas yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lain.

"Ini menjadi peluang usaha bagi mitra Pertamina, dimana program ini tempat isi ulang bahan bakar dengan areal minimalis," Umar menambahkan. 

Dalam program Pertashop tersebut didukung Pemkab untuk menggerakkan ekonomi desa dan memudahkan masyarakat mendapat BBM berkualitas dan ramah lingkungan dengan standar kualitas dan harga Pertamina.

Ada dua titik pertashop yang sudah beroperasi di wilayah Pesisir Barat, Bandar Lampung, yaitu di Desa Penyandingan, Bengkunat dan Desa Muara Tembulih, Ngambur.

"Pertamina berkomitmen untuk memeratakan penyediaan energi terutama BBM dan LPG hingga ke pelosok daerah. Tentunya kami mengharapkan adanya kerja sama yang baik antara Pertamina dan Pemda serta masyarakat agar program ini berjalan optimal," kata Umar.

Pewarta: Dontus DP

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021