Tim gabungan di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggiatkan patroli bersama untuk mencegah kemungkinan terjadinya tindak kriminal di daerah itu.

"Kegiatan bersama ini akan terus kami lakukan untuk menjaga agar jangan sampai terjadi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Kapolres Bangka Barat, AKBP Fedriansah di Mentok, Jumat.

Ia menjelaskan, operasi gabungan terdiri atas personel Polres Bangka Barat bersama anggota TNI Kodim 0431/BB dan petugas Satuan Polisi Pamong Praja dengan menyasar sejumlah tempat usaha penginapan, kafe, tempat hiburan malam, lokalisasi, dan lokasi rawan lainnya.

"Sasaran operasi rutin ini untuk mengantisipasi kemungkinan peredaran minuman beralkohol tanpa izin, narkotika, dan psikotropika atau zat berbahaya lainnya," katanya.

Kegiatan rutin dipimpin Kepala Satuan Narkoba Iptu Eddy Yuhansyah dan Kepala Satlantas Iptu R.T.A Sianturi dengan melibatkan puluhan personel.

"Selain mengantisipasi peredaran narkoba dan minuman beralkohol tanpa izin, kami memantau pelaksanaan protokol kesehatan di tempat usaha guna meminimalkan penularan COVID-19," ujarnya.

Saat bertemu langsung dengan warga di lokasi tersebut, para personel memberi imbauan agar warga disiplin menjalankan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah.

"Pada pemantauan tersebut, kami masih menemukan sejumlah warga yang tidak memakai masker dan menjaga jarak. Mereka kami beri peringatan untuk tidak mengulang perbuatan," kata Fedriansah.

Saat melakukan pemeriksaan warga di Argen Pal2, petugas memeriksa secara cermat identitas atau tanda pengenal para tamu dan tidak ditemukan warga yang mencurigakan maupun barang ilegal dan tindak asusila.

"Selama ini situasi kamtibmas di Bangka Barat masih kondusif dan kami berharap peran aktif warga bisa bersama-sama menjaga situasi aman, tertib, dan nyaman yang sudah berjalan selama ini," katanya.

Selain itu, Fedriansah berpesan agar warga tetap waspada dan disiplin menjalankan protokol kesehatan guna membantu upaya bersama mengakhiri pandemi COVID-19.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021