PT Timah Tbk menggencarkan operasional mobil sehat keliling, guna memudahkan warga desa terpencil di Pulau Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengakses layanan kesehatan di tengah pendemi COVID-19.

"Operasional mobil sehat keliling ini lebih ditingkatkan menjadi tiga kali dalam sebulan dibandingkan sebelumnya hanya satu kali," kata Tim Dokter Mobil Sehat PT Timah Tbk dr Dewi Safitri saat memberikan pelayanan kesehatan gratis di Desa Kundi, Sabtu.

Baca juga: Warga Desa Kundi Bangka Barat antusias ikuti layanan kesehatan PT Timah

Ia mengatakan peningkatan layanan mobil sehat keliling secara gratis ini, mengingat kesadaran masyarakat desa terpencil untuk mengunjungi pusat pelayanan kesehatan seperti puskesmas yang mengalami penurunan selama pendemi COVID-19 ini.

"Kesadaran warga desa untuk memeriksakan kesehatan berkurang, karena mereka takut tertular virus corona di puskesmas, rumah sakit dan posyandu," ujarnya.

Menurut dia saat ini progran layanan mobil sehat ini lebih difokuskan ke desa-desa terpencil, karena akses pusat kesehatan yang jauh dan belum memadai sehingga warga semakin malas untuk memeriksakan kesehatannya.

"Dalam bulan ini, kita akan mengunjungi desa-desa terpencil di Bangka Selatan, Bangka Barat dan Bangka Tengah untuk meningkatkan kesadaran dan kualitas warga desa terpencil yang jauh dari pusat layanan kesehatan," katanya.

Ia menambahkan berdasarkan hasil pemeriksaan dan pengobatan program mobil sehat keliling ini, peyakit yang paling banyak diderita warga desa ini yaitu tekanan darah tinggi dan maag, karena pola makan dan hidup yang kurang sehat.

"Tingkat konsumsi garam masyarakat khususnya lansia yang tinggi, sehingga memicu kasus tekanan darah tinggi ini," ujarnya.

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mengatakan, Mobil Sehat PT Timah Tbk merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Selain itu, melalui mobil sehat ini diharapkan masyarakat juga dapat mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus berpikir soal biaya.

“Mobil sehat ini sudah dilakukan di beberapa tempat dan ini berkeliling mendatangi warga yang membutuhkan pelayanan. Dengan mobil sehat ini kita berharap dapat mewujudkan pelayanan kesehatan masyarakat yang berkualitas," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021