Panglima Komando Operasi Angkatan Udara I, Marsekal Muda TNI Tedi Rizalihadi menyerahkan bantuan sosial kepada warga sekitar "Air Weapon Range" (AWR) Buding yaitu lokasi latihan antar satuan jajaran Koopsau I dan Wing I Paskhas dengan sandi Jalak Sakti dan Hardha Marutha I.

"Kami melakukan pembagian masker karena kami tetap peduli dalam penanganan pandemi COVID-19," katanya di Buding, Belitung, Selasa.

Dirimya mengucapkan terimakasih kepad masyarakat desa Buding dan Belitung yang telah mendukung kegiatan Lanud H.AS Hanandjoeddin serta latihan Jalak Sakti dan Hardha Marutha I.

Ia berharap, masyarakat setempat dapat bersama-sama menjaga aset AWR Buding karena merupakan lokasi latihan tempur dan lapangan tembak yang ideal di wilayah Koopsau I.

"Sesuai yang disampaikan dari Kasau kemarin bahwa AWR Buding adalah lapangan tembak yang ideal mari kita jaga supaya angkatan udara masih bisa tetap berlatih di sini (AWR Buding, red) sehingga kedaulatan udara Indonesia dapat terus dijaga," ujarnya.

Ia mengatakan, pelaksanaan latihan antar satuan jajaran Koopsau I dan Wing I Paskhas dengan sandi Jalak Sakti dan Hardha Marutha I juga bertepatan dengan HUT Koopsau I yang ke-70.

"Tepat pada hari ini 15 Juni Koopsau I sudah berusia 70 tahun dan bertepatan dengan latihan Jalak Sakti serta Hardha Marutha I jadi ini sebagai wujud terima kasih kami kepada masyarakat," katanya.

Ia menambahkan, pada hari kedua pelaksanaan latihan Jalak Sakti dan Hardha Marutha I diisi dengan rangkaian latihan operasi intai udara, penerjunan logistik dari dua pesawat Hercules, pengeboman oleh dua pesawat tempur Hawk 109/209 dan operasi SAR tempur oleh dua helikopter.

"Apabila selama latihan Jalak Sakti dan Hardha Marutha I ada kesalahan saya mewakili pimpinan mohon dimaafkan yang setinggi-tingginya," ujar dia.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021