PT Timah Tbk membantu beasiswa untuk anak berprestasi dari keluarga tidak mampu di wilayah operasional perusahaan yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan di sekolah unggulan SMA Negeri 1 Pemali, Bangka.

"Program beasiswa ini sangat membantu pendidikan anak kami yang ingin melanjutkan ke jenjang lebih tinggi, kami juga terbantu secara ekonomi karena biaya sekolah anak sudah ditanggung perusahaan milik negara tersebut," kata Yogi Winanda, salah satu orang tua siswa yang mendapatkan beasiswa.

Menurut ayah dari Lolita Wiranda siswi SMP Negeri 1 Kelapa yang mendapatkan beasiswa dari PT Timah di SMA N 1 Pemali tersebut, program biaya pendidikan gratis untuk anak berprestasi dari keluarga tidak mampu sangat bermanfaat.

Dirinya yang setiap hari bekerja sebagai sopir lepas memiliki penghasilan yang tidak tentu, sehingga dengan adanya program beasiswa ini bisa membantu meringankan beban keluarga.

"Program ini sangat baik, sangat membantu, apalagi bagi masyarakat kurang mampu. Kami berharap program ini dilanjutkan, kalau bisa program ini dilanjutkan hingga perguruan tinggi," ujar Yogi menambahkan.

Hal senada dikatakan Norma Yunita, ibu dari Desantria Prininggi yang mendapatkan beasiswa di SMA N 1 Pemali yang mewujudkan rasa syukur mendapatkan program beasiswa tersebut dengan bernazar melakukan puasa selama satu minggu.

"Sujud syukur kepada Allah, beasiswa ini berkah bagi anak dan keluarga kami," kata Norma.

Ia mengatakan, sampai tidak bisa tidur menanti hasil pengumuman kelulusan anaknya.

Desantria dan Lolita merupakan contoh dua anak dari keluarga tidak mampu yang berhasil mewujudkan mimpi melanjutkan jenjang pendidikan di sekolah unggulan di Pulau Bangka karena mendapatkan beasiswa dari PT Timah Tbk.

"Senang dan bangga walaupun sempat tidak percaya diri, bisa membantu meringankan dan membantu orang tua," kata Desantria.

Sementara Lolita menyampaikan terima kasih kepada PT Timah Tbk hingga dirinya bisa melanjutkan sekolah ke jenjang SMA.
 
Anak dan orang tua penerima beasiswa kela unggulan PT Timah Tbk. (ANTARA/ Dok. Humas PT Timah Tbk.)

Program kelas beasiswa PT Timah Tbk di SMA N 1 Pemali merupakan salah satu program yang banyak diminati para siswa dari wilayah operasional perusahaan.

Dalam program beasiswa tahun ajaran 2021/2022 tersebut, dilakukan beberapa tahap seleksi diikuti sebanyak 188 pendaftar, namun hanya 36 siswa yang dinyatakan lulus.

Program kelas beasiswa PT Timah Tbk di SMA N 1 Pemali ini, merupakan komitmen PT Timah Tbk memberikan kesempatan bagi pelajar jenjang SMP yang akan melanjutkan ke jenjang SMA untuk mendapatkan pendidikan secara gratis.

Beasiswa ini diperuntukkan bagi pelajar berprestasi, berasal dari keluarga yang kurang beruntung secara ekonomi dan berada di wilayah operasional PT Timah Tbk.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021