Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong warga memanfaatkan perkarangan rumah untuk budi daya tanaman obat sebagai ramuan kesehatan keluarga.

"Bagi warga yang memiliki perkarangan rumah lebih luas, itu bisa dimanfaatkan untuk budi daya tanaman obat," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Senin.

Ia menjelaskan rempah-rempah, seperti jahe, temulawak, lidah buaya, dan sirih merupakan tanaman yang bisa hidup subur tanpa harus menyediakan lahan yang luas.

"Tanaman tersebut bagus untuk kesehatan, setidaknya mampu meningkatkan daya tahan tubuh dalam menangkis serangan virus corona baru," ujarnya.

Ia mengharapkan TP PKK bisa membantu mengambil peran itu, membina kalangan ibu rumah tangga membudidayakan tanaman obat keluarga.

"Apalagi sekarang sudah ada dibentuk kelompok tani keluarga, mereka bisa diberdayakan untuk membudidayakan tanaman obat keluarga," ujarnya.

Mantan Ketua DPRD Bangka Tengah itu, mengharapkan warga lebih bisa menjaga kesehatan keluarga di tengah pandemi virus corona baru.

"Tanaman obat keluarga itu penting, setidaknya bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021