Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mulkan menilai lingkungan keluarga berperan efektif mencegah penyebaran COVID-19 karena langsung berada dalam kelompok terkecil.

"Saya menilai, lingkungan keluarga yang di dalamnya ada orang tua dan anak-anak serta anggota lainnya memiliki peran yang cukup efektif mencegah penyebaran COVID-19 yang hingga sekarang masih ditemukan kasusnya," kata bupati di Sungailiat, Selasa, menanggapi peringatan Hari Keluarga Nasional.

Lingkungan keluarga yang merupakan kelompok terkecil di masyarakat kata dia, dapat menerapkan pola disiplin protokol kesehatan setiap harinya mulai dari mendisplinkan memakai masker, menjaga jarak saat berkumpul anggota keluarga serta memaksimalkan mencuci tangan.

"Penerapan prokes COVID-19 yang rutin dilakukan dalam kelompok terkecil inilah, langkah yang tepat mencegah terjadinya penyebaran virus klaster keluarga," kata bupati yang sekaligus ketua Satu Gugus Tugas (Satgas) COVID-19.

Menurut dia orang tua di rumah hendaknya pula memberikan edukasi kepada anak-anaknya mengenai penting penerapan prokes COVID-19.

"Kita ketahui dari ribuan angka kasus COVID-19 terdapat ratusan kasus yang penyebarannya dari klaster keluarga bahkan sudah ada bayi yang usianya baru beberapa bulan dan anak-anak balita yang terpapar COVID-19," ujarnya.

Bupati mengajak seluruh keluarga untuk bersama-sama semangat melakukan pencegahan penyebaran COVID-19 yang sampai sekarang penyakit jenis virus corona belum ditemukan obatnya.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021