Bupati Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan menerima piagam penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) karena dinilai berhasil menempatkan kesetaraan gender di pemerintahannya.

"Penghargaan yang kami terima dari BKKBN tersebut dari hasil penilaian dalam mewujudkan kesetaraan gender dengan menempatkan 30 persen perempuan memegang jabatan dari jumlah laki-laki yang menduduki jabatan," kata Mulkan di Sungailiat, Selasa.

Terdapat 23 inspektur dan kepala perangkat daerah posisi jabatan diisi oleh perempuan, jumlah tersebut belum termasuk di kantor kecamatan dan kelurahan.

Untuk mengantisipasi kesalahan, dalam menjalankan tugas di kantor, bupati menilai seorang perempuan lebih teliti dan penuh kehati-hatian.

"Sumber daya manusia untuk kaum perempuan yang dipercaya memegang jabatan memiliki kualitas sesuai bidang pekerjaannya masing-masing," katanya.

Bupati mengatakan, dalam menempatkan seseorang menduduki jabatan terlebih dahulu sudah melalui proses seleksi yang cukup ketat sehingga mendapatkan pejabat yang benar-benar mengusai bidangnya.

"Tidak menutup kemungkinan porsi jabatan perempuan akan kami tambah atau disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan," ujar Mulkan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021