Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong para petani membudidayakan bibit bawang merah, untuk meningkatkan produksi.

"Dengan melakukan pembibitan atau persemaian bawang merah, diiharapkan dapat menopang kebutuhan bawang merah masyarakat daerah ini," kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman di Koba, Rabu.

Pemkab Bangka Tengah menetapkan sebanyak tujuh kelompok tani di Kecamatan Lubuk Besar sebagai kelompok pembudidayaan bawang merah yang terus mendapat pembinaan dan pelatihan.

"Tujuh kelompok tani di Kecamatan Lubuk Besar ini nanti dilatih oleh para penyuluh pertanian sehingga bisa melakukan penyemaian atau pembudidayaan bibit bawang merah dengan baik," ujarnya.

Bupati menjelaskan, pembudidayaan bibit bawang merah bagi tujuh kelompok tani tersebut juga mendapat bantuan dari Bank Indonesia baik berupa fasilitas pendukung maupun bibit.

"Ini juga dalam rangka Bangka Tengah menuju sentra bawang merah, dimana Kecamatan Lubuk Besar menjadi wilayah pengembangan tanaman hortikultura jenis bawang merah ini," ujarnya.

Bupati juga mengatakan, bahwa produksi bawang merah di Bangka Tengah masih kurang dan belum cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

"Produksi bawang merah hanya mampu memenuhi kebutuhan konsumen lokal sekitar 50 persen, sisanya didatangkan dari luar daerah," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021